Terlambat Menang, Laga Persib Bandung Sepi Penonton - GARUDA JUARA

Informasi Bola

Latest Update
Fetching data...

Terlambat Menang, Laga Persib Bandung Sepi Penonton


Piala presiden diselenggarakan oleh PSSI sebagai turnamen Pra-musim untuk Liga 1. Piala presiden sudah digelar 3 kali dan menobatkan Persib Bandung sebagai Juara pertama kali gelaran tahun 2015.  Kemudian pada tahun 2017 dimenangkan oleh Arema dan terakhir oleh Persija Jakarta pada tahun 2018 lalu. Pada tahun 2019 ini Piala Presiden dijadwalkan mulai pada tanggal 2 Maret dan berakhir pada 12 April 2019.

Berbeda dengan tiga musim sebelumnya, semua stadion yang digunakan untuk fase grup musim ini semua berada di Pulau Jawa. Lima stadion yang digunakan untuk fase  grup turnamen ini adalah Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Stadion dr. H. Moch.Soebroto di Magelang, Stadion Maguwoharjo di Sleman, dan Stadion Kanjuruhan di Malang. Dengan format baru tersebut 5 klub dari setiap group akan menjadi tuan rumah setiap pertandingan fase grup tersebut. Persib Bandung menjadi salah satu tuan rumah yang markasnya digunakan setiap pertandingan di Group A.

Pemilihan kota Bandung sebagai tuan rumah gelaran Piala Presiden bukan tanpa alasan. Masyarakat Bandung dikenal sangat antusias dalam sepakbola nasional khususnya mendukung tim kesayangan mereka Persib Bandung. Persib Bandung merupakan salah satu tim besar yang banyak mengukir prestasi di kancah persepakbolaan Indonesia. Para pemainnyapun banyak berisi pemain top dan sering menyumbang pemain di timnas Indonesia. Para pendukungnya pun sangat loyal dan militan dalam mendukung tim Maung Bandung.

Di turnamen Piala Presiden 2019 ini Persib Bandung tergabung di grup A bersama Persebaya Surabaya, Tira Persikabo, dan Perseru. Sebagai tuan rumah Persib Bandung memang diharapkan tampil maksimal karena akan selalu ditonton oleh banyak Bobotoh. Tetapi Persib Bandung di 2 Laga awal mereka mengalami kekalahan oleh Persebaya dan Tira-Persikabo. Kekalahan tersebut memupus tim Persib Bandung untuk lolos di babak berikutnya karena di pertandingan lain. Persebaya dan Tira-Persikabo berhasil tampil maksimal dan mengemas sama-sama 7 poin dari 2 kemenangan dan 1 hasil seri mereka.

Di Laga terakhir, Persib Bandung berhasil memenangkan pertandingan melawan Perseru Serui dengan skor meyakinkan 4 – 0. Tetapi di pertandingan tersebut seolah ada yang kurang karena di stadion sangat sepi penonton. Tidak seperti biasanya Boboth sangat ramai dalam mendukung tim kesayangan mereka tersebut. Hal ini terkonfirmasi oleh jumlah tiket yang terjual hanya 2.516 lembar dari 26 ribu lembar yang dicetak. Menurut General Coordinator Panpel Persib Bandung, Budhi Bram Rachman, menurunnya jumlah penonton karena laga digelar pada hari kerja dan Persib sudah dipastikan tidak lolos ke babak selanjutnya.

Berbeda halnya apabila Persib Bandung menang di awal pertandingan fase group dan mengemas poin, pertandingan di Laga terakhir akan masih bisa menentukan sehingga kemungkinan banyaknya bobotoh yang mendukung di Stadion Si Jalak Harupat akan lebih banyak. Tidak hanya di Indonesia, di Eropa pun apabila tim yang sudah dipastikan tidak lolos di sebuah turnamen maka penonton akan berkurang walau bermain di kandang sendiri. akan tetapi pengurangan penonton itu tidak sedramatis di pertandingan Persib Bandung vs Perseru.
Load comments