Kembalinya Zinedine Zidane Melatih, Apakah Real Madrid Akan Berjaya Kembali? - GARUDA JUARA

Informasi Bola

Latest Update
Fetching data...

Kembalinya Zinedine Zidane Melatih, Apakah Real Madrid Akan Berjaya Kembali?

Liga Spanyol selama 1 dekade terakhir ini memang sedang dalam puncak popularitasnya di kalangan penggemar bola dunia. Bersaingnya para pemain bintang dan pemain terbaik dunia mengisi warna-warni pergulatan jagat persepakbolaan di negeri Matador tersebut. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo seolah menjadi magnet Liga Spanyol pada masa-masa itu karena status pemain terbaik dunia yang mereka dominasi. Kedua pemain tersebut selalu dibanding-bandingkan dan selalu menghiasi pemberitaan tentang bola di dunia. Kedua pemain tersebut juga menjadi pemain penting di Klubnya masing-masing yaitu di Barcelona dan Real Madrid.

Real Madrid dan Barcelona merupakan dua klub yang sering mendominasi gelar di Liga Spayol. Didukung dengan pendapatan dan kemampuan finansial yang besar kedua klub tersebut seolah tidak tergantikan dalam mengisi 3 besar klasemen di kompetisi La Liga. Hanya sedikit klub salah satunya Athletico Madrid yang bisa menjadi jeda antar dominasi juara kedua klub tersebut. Klub yang bermarkas di kota Madrid ini juga menjadi pesaing bagi Real Madrid. Pertemuan dua klub sekota itu seolah menjadi pertandingan derby paling panas di La Liga Spanyol saat ini.

Real Madrid yang dilatih Zinedine Zidane kala itu berhasil meraih banyak gelar terutama gelar Liga Champion ke sebelasnya. Selama 2,5 tahun kepemimpinan pelatih asal Prancis tersebut membuat Real Madrid dalam track yang bagus untuk merengkuh banyak gelar juara. Real Madrid juga berhasil mengalahkan Barcelona dalam beberapa pertemuan mereka di kompetisi domestik. Dominasi Real Madrid tersebut tidak luput dari cemerlangnya dan racikan tim dari pelatih berkepala plontos tersebut dan sang kapten Cristiano Ronaldo. Beberapa kali pemain bernomor punggung 7 tersebut juga membuat gol-gol krusial.   

Tetapi di musim 2018/2019 ini persaingan antar Real Madrid dan Barcelona dirasa ada yang kurang. Kepergian Pelatih Zinedine Zidane dan Cristiano Ronaldo dari Bernabeu menjadi yang paling di sorot pada waktu itu. Kedua sosok tersebut telah menjadi bagian penting dari rentetan kemenangan dan prestasi yang di dapat Real Madrid 3 tahun terakhir. Terbukti setelah kepergian kedua sosok ini, real madrid terseok-seok di awal musim.

Joelen Loptegui sebagai pengganti Zinedine Zidane waktu itu belum sesuai ekspektasi untuk berada dalam jalur kemenangan. Belum sampai setengah musim berjalan Real Madrid melakukan pergantian pelatih dan menunjuk Santiago Solari sebagai arsitek Los Blancos berikutnya. Sempat meraih hasil positif, Real Madrid di bawah kepelatihan mantan bintang Real Madrid itu mulai terseok lagi. Tersingkirnya mereka dari perburuan gelar juara di tiga ajang beruntun, yakni Copa del Rey, La Liga dan Liga Champions membuat geram para pendukungnya. Puncaknya mereka tersingkir di ajang Liga Champion yang dikalahkan oleh Ajak Amsterdam dengan skor cukup telak 4 – 1 di Leg ke-2 16 besar.

Tidak ingin tren tersebut berlanjut, Florentino Perez selaku presiden madrid melakukan pendekatan lagi dengan Zinedine Zidane. Bak gayung bersambut Zinedine Zidane menerima tawaran melatih kembali Real Madrid di tengah isu yang beredarnya tawaran melatih Chelsea atau Juventus. Florentino Perez bergerak di waktu yang tepat menyerahkan kepelatihan klub ke Zinedine Zidane lagi. Zinedine Zidane telah siap melatih klub kembali setelah 9 bulan beristirahat dan mengisi energi kembali.

Tidak seperti sebelumnya pelatih yang juga mantan bintang Real Madrid beberapa kali diintervensi dalam hal menentukan pemain. Florentino Perez sejak dahulu memang suka mengintervensi dalam menentukan pembelian pemain. Apabila tidak suka maka akan sangat sulit untuk merealisasikan pembelian pemain yang dibutuhkan sesuai strategi pelatih.

Dengan memberikan wewanang sepenuhnya kepada Zinedine Zidane dalam menentukan pemain diharapkan Real Madrid siap menipiskan poin dengan Barcelona di Liga. Tidak sampai di situ Florentino Perez juga siap memberikan dana transfer yang besar untuk merombak tim. Dengan demikian bukan tidak mungkin Real Madrid akan mengulang sukses mereka kembali dan meraih banyak gelar. 
Load comments