Gawat! Ezra Walian Tidak Bisa Berlaga di Piala AFC U-23 - GARUDA JUARA

Informasi Bola

Latest Update
Fetching data...

Gawat! Ezra Walian Tidak Bisa Berlaga di Piala AFC U-23

Jelang melawan Thailand di Piala AFC U-23 nanti (22/3), Timnas Indonesia mengalami kendala dengan menerima surat yang dikirimkan oleh FIFA dari PSSI. Surat tersebut menegaskan jika pemain depan naturalisasi, Ezra Walian, tidak bisa membela Skuat Garuda Muda pada babak kualifikasi.

Peristiwa mengejutkan ini diawali ketika Match Coordination Meeting (MCM) yang diselenggarakan kemarin, Kamis (21/3) di Hanoi Vietnam. Ezra Walian seharusnya masuk ke dalam 23 daftar pemain yang akan membela Skuat Garuda Muda U-23 pada babak kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Sayangnya, karena terganjal urusan administrasi, yaitu sang pemain depan itu ternyata tercatat pernah bermain untuk Timnas Belanda U-17.

Peristiwa ini kemudian membuat AFC menyatakan konsultasi dengan FIFA terkait status striker naturalisasi itu. Hasilnya, FIFA melayangkan surat kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Surat tersebut menyatakan jika Ezra dilarang membela Timnas Indonesia U-23 pada babak kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan rujukan Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

Dilansir dari Bola.com, salah satu isi surat yang dikirim FIFA menyatakan bahwa berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu.

Karena hal ini, maka Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi, walaupun terdapat fakta bahwa ia telah pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai salah satu perwakilan dari Timnas Belanda.

Ezra Walian pernah membela Timnas Belanda U-18 sebanyak dua kali, yakni ketika berhadapan dengan Georgia dan San Marino pada Kualifikasi Piala Eropa U-17 2014 lalu. Ketika bertanding melawan San Marino, Ezra berhasil mencetak lima gol ke Gawang San Marino dan ketika laga berakhir, Belanda menang dengan skor 12-0 atas San Marino.
Load comments